Inilah Cara Lebah Menghasilkan Madu

21:49:00

Inilah Cara Lebah Menghasilkan Madu

Siapa pun pasti sudah tahu kalau madu dihasilkan dari lebah dengan cara mengubah nektar yang telah didapat dari bunga lalu dikumpulakan disarangnya dan menjadi madu. Lantas bagaimana prosesnya dari nektar hingga berubah menjadi madu?

Inilah Cara Lebah Menghasilkan Madu

Pada bangsa lebah, sama seperti serangga koloni lainnya, mereka memiliki tugas tersendiri. Sebagian besar yang disebut dengan lebah pekerja, mereka setiap harinya harus mengangkat nektar yang telah dikumpulkan.

Lebah pekerja ini, mereka memliki sebuah kantong didalam tubuhnya yang dapat menyimpan nektar. Kantong tersebut memiliki kapasitas tersendiri untuk menampung nektar yang dihasilkan antara 150 sampai dengan 1500 bunga. Sebagai lambang mutualisme, maka lebah memberikan bonus bagi setiap bunga yang telah ia ambil nektarnya. Bonus tersebut berupa pengantaran serbuk sari yang membantu proses pembuahan bunga.

Inilah Cara Lebah Menghasilkan Madu

Setelah kantong penampung nektar tersebut penuh, lebah-lebah tersebut kembali pulang ke sarangnya. Di sarang sudah di tunggu beberapa lebah lainnya yang bertugas untuk menunggu pulangnya lebah pekerja. Kelompok ini disebut dengan lebah rumahan, tugasnya adalah menerima nektar yang kemudian diproses didalam mulut dan perutnya. Didalam mulut dan perut lebah rumahan itu memiliki enzim-enzim yang berfungsi untuk memecah bentuk gula yang ada pada nektar, berbentuk disakarida menjadi monosakarida, sehingga bentuknya menjadi lebih sederhana.

Hasil dari pengolah nektar tersebut diletakkan oleh lebah pada sarangnya. Pada awalnya nektar mempunyai kandungan air sebesar 70 samapi 80 persen, sehingga bentuknya sangat cair. Akan tetapi, setelah melalui beberapa proses, kadar airnya turun sehingga hanya mencapai 18 persen saja. Itulah mengapa wujud madu menjadi kental.

Baca Juga:

Penurunan kadar air ini terjadi karena proses pengolahan dengan enzim dan suhu sarang lebah yang pada umumnya cukup untuk membuat air menguap. Pada akhirnya nektar yang bentuk gulanya sudah disederhanakan dan wujudnya menjadi kental inilah yang kita kenal sebagai madu.

Nah, sudah tahukan bagaimana lebah saat membuat madu. Semoga informasi dari Zona Imaji ini tidak hanya berhenti dikamu saja, ayo dishare biar teman-teman kamu yang lain juga pada tahu.

I'm a simple person with a complicated mind.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Tambahkan komentar kamu EmoticonEmoticon