Ini Dia Bagaimana Proses Terjadinya Air Mata

06:46:00

Ini Dia Bagaimana Proses Terjadinya Air Mata

Air mata berasal dari proses yang disebut lakrimasi. Lakrimasi diambil dari kata Lacrima, yang dalam bahasa latin memiliki arti Air Mata. Lacrima Gland atau kelenjar air mata yang terletak dibagian atas mata. Tepatnya dibagian antara kelopak mata dan alis secara rutin menyebarkan cairan yang membahasahi mata setiap kali mata berkedip.

Ini Dia Bagaimana Proses Terjadinya Air Mata

Selain secara reflek, air mata juga dihasiilkan karena sebab lain, seperti rangsangan untuk meluapkan emosi, baik itu emosi saat terharu, saat sedih atau saat marah.

Uniknya adalah mata kita sudah punya bak penampung air mata sendiri, yang disebut dengan lacrima sac. Air mata yang sudah membasahi mata akan disalurkan kembali lewat kanal-kanal yang terhubung dengan lacrima sac. Akan tetapi jika berlebihan, maka tugas kelopak mata lah yang membatasi jumlah cairan di mata dengan menjatuhkannya ke pipi.

Mengapa Air Mata Berasa Asin?

Karena berfungsi sebagai antiseptik alami. Zat garam yang dikandungnya dapat membersihkan mata dari bakteri serta kotoran. Mata pun senantiasa terjaga kelembaban dan juga kebersihannya.

Baca Juga:

Hanya itu saja Zona Imaji yang dapat rangkum, kalau ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar ya.

I'm a simple person with a complicated mind.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Tambahkan komentar kamu EmoticonEmoticon