Inilah Mengapa Air di Laut Terasa Asin

12:11:00

Inilah Mengapa Air di Laut Terasa Asin


Pernahkah kamu bertanya kenapa air laut itu asin? Apakah karena keringat ikan didalam air laut tersebut? Tentu jawaban tersebut merupakan hal yang paling konyol yang pernah ada. Kamu harus tahu penjelasannya secara ilmiah.

Inilah Mengapa Air di Laut Terasa Asin

Air laut mempunyai kadar garam hampir rata-rata 3,5%. Artinya didalam 1 liter (1000 mL) air laut terdapat 35 gram garam (Terutama, namun tidak seluruhnya, garam dapur /NaCI).

Walaupun kebanyakan air laut di dunia memiliki kadar garam sekitar 3,5 %, air laut juga berbeda-beda kandungan garamnya. Yang paling tawar adalah di timur Teluk Finladia dan Utara Teluk Bothia, keduanya merupakan bagian dari laut Baltik. Yang paling asin terdapat di laut Merah, di mana suhu tinggi dan sirkulasi nya terbatas hingga membuat penguapan tinggi dan sedikit masukan air dari sungai-sungai.

Sumber Rasa Asin

Air laut memiliki kadar garam karena bumi ini dipenuhi dengan garam mineral yang terdapat di batu-batuan dan tanah. Contoh dasarnya Natrium, Kalsium, Kalium, dll. Apabila air sungai mengalir ke lautan air tersebut membawa garam. Pada saat terjadinya hujan di daratan, air akan meresap ke dalam tanah dan sedikit demi sedikit akan keluar lagi melalui sungai-sungai dan pada akhirnya akan mencapai ke lautan.

Pada saat terjadi hujan di daerah daratan, air hujan akan meresap ke dalam tanah dan sedikit demi sedikit akan keluar lagi melalui sungai-sungai dan pada akhirnya akan menuju atau mengalir ke laut. Nah, ketika saat menuju perjalan ke laut, air dari darat juga ikut membawa garam-garam meneral sehinggal laut di penuhi garam-garam mineral.

Kita sudah mengetahui laut itu mempunya permukaan yang sangat luas sehingga hal tersebut menjadi salah satu faktor penguapan yang sangat besar, pada saat air laut tersebut menguap sebenarnya menguap hanyal H2O (air) sedangkan garam-garam mineral tetap tinggal bersama air laut, itulah mengapa air laut rasanya asin. Kadar keasinan air laut ini juga tak lepas oleh faktor suhu, biasanya semakin panas daerah tersebut air lautnya juga semakin asin lho.

Lalu Mengapa Air di Danau Tidak Asin?

Inilah Mengapa Air di Laut Terasa Asin

Itu karena air danau tidak cukup luas sehingga saat terjadi penguapannya tidak begitu besar, atau maksudnya adalah air yang menguap dengan air yang masuk ke sebuah danau tersebut masih seimbang dan juga sumber mineralnya juga masih sangat terbatas. Sangat berbeda dengan laut yang sumber mineralnya dari berbagai penjuru dunia menjadi satu.

Jadi sudah tahukan kenapa air laut itu terasa asin sedangkan air danau itu tawar. Ayo share artikel ini biar teman kamu tidak kudet. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya.

I'm a simple person with a complicated mind.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Tambahkan komentar kamu EmoticonEmoticon