5 Fakta Unik Tentang Semut yang Bisa Membuat Kamu Kagum

12:44:00

5 Fakta Unik Tentang Semut yang Bisa Membuat Kamu Kagum


Semut merupakan binatang serangga kecil yang terkadang memang sangat menyebalkan namun juga menyenangkan untuk kita amati. Mengapa demikian? karena semut ini juga punya beberapa menarik yang bisa membuat kamu kaget. Gak percaya? baca aja dibawah ini 5 fakta unik tentang semut yang telah Zona Imaji rangkum dari beberapa sumber.

5 Fakta Unik Tentang Semut yang Bisa Membuat Kamu Kagum

Berikut faktanya.

Ada Sekitar 10 Kuadriliun Semut di Bumi

Ada 7 miliar manusia di Bumi dan itu pasti itu sangat banyak, tapi itu tidak seberapa bila dibandingkan dengan semut. Saat ini diperkirakan bahwa ada sekitar 10 Kuadriliun semut di planet ini. Itu sekitar 10.000.000.000.000.000. Wow!

Semut Tidak Selalu Berumur Pendek

Dibandingkan dengan manusia, semut hanya memiliki umur yang cukup singkat. Banyak spesies semut hanya hidup selama beberapa minggu. Namun, berapa-beberapa spesies semut dapat hidup selama bertahun-tahun. Bahkan, banyak semut Queen bisa hidup selama hampir beberapa dekade.

Semut Dapat Membawa Beban Lebih dari 3 Kali Berat Badan Mereka Sendiri

Semut, seperti kebanyakan serangga kecil lainnya mereka cukup kuat. Mereka mampu mengangkat 3 kali dari berat badan mereka, dan mereka dapat menjuntai sambil memegang sekitar 100 kali berat badan mereka sendiri.

5 Fakta Unik Tentang Semut yang Bisa Membuat Kamu Kagum

Ini agak mengesankan, tetapi mereka bukan makhluk terkuat di sekitar kita. Lalat adalah serangga terkuat yang diketahui, karena mereka mampu mengangkat 1000 kali dari berat badan mereka sendiri.

Semut Berbicara Dengan Menggunakan Bahan Kimia

Semut dapat berkomunikasi dan bekerja sama secara efektif dengan menggunakan bahan kimia yang dikenal sebagai Feromon. Melalui bahan kimia ini, semut dapat mengirim pesan sederhana untuk rekan-rekan mereka, mengingatkan mereka akan adanya bahaya atau menunjukkan tempat ketika telah mendapatkan makanan. Para semut pekerja akan mengeluarkan feromon untuk memberi pesan tertentu untuk mengatakan hal-hal seperti, "Aku akan menunjukkan di mana makanan!” Atau “Bahaya!”

5 Fakta Unik Tentang Semut yang Bisa Membuat Kamu Kagum

Dalam hal ini, setiap anggota individu dari koloni semut mampu "berbicara" satu sama lain dalam rangka untuk mengkoordinasi upaya mereka dengan menggunakan antena mereka untuk mencium bau bahan kimia yang semut lain kirim. Ternyata, ini adalah bentuk yang sangat cepat dan efektif untuk melakukan komunikasi.

Seperti Manusia, Semut Telah Menaklukkan Dunia

Sama juga seperti halnya manusia, semut juga pelancong. Mereka ditemukan hampir di berbagai belahan bumi ini, dengan pengecualian di Antartika dan Arktik (ada juga beberapa pulau yang tampaknya bebas dari semut). Ada satu spesies semut, yaitu semut Argentina, atau yang lebih dikenal dengan Humilespecies Linepithema, semut ini telah menginvasi 6 benua. Dalam kurun abad terakhir ini, makhluk kecil ini telah menempati setidaknya di 15 negara seluruh dunia, dan mereka tampaknya tidak akan pernah berhenti untuk menaklukkan dunia ini.


Demikianlah beberapa fakta tentang semut, semoga setelah membaca artikel ini bisa bertambah lagi pengetahuan kamu. Jangan lupa di share ya. Agar teman kamu lainnya juga pada tahu.

I'm a simple person with a complicated mind.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Tambahkan komentar kamu EmoticonEmoticon