7 Negara Paling Aman di Dunia

12:06:00

7 Negara Paling Aman di Dunia

Baru-baru ini pihak Lembaga riset Economist Intelligence Unit (EIU) telah merilis daftar tentang beberapa negara di dunia ini yang mempunyai keamanan terbaik dan rendahnya kasus kriminalitas.

7 Negara Paling Aman di Dunia

Mungkin ada diantara kita yang belum tahu negara-negara mana saja yang dianggap teraman didunia, lalu negara Indonesia kita ini ada diposisi keberapa ya? penasaran? berikut ini Zona Imaji akan mengasih tahu negara dengan keamanananya paling baik.

1. Islandia

7 Negara Paling Aman di Dunia

Islandia merupakan negara yang juga dikenal sebagai penganut sistem demokrasi tertua yang masih bertahan hingga sekarang. Lembaga riset Economist Intelligence Unit telah mengusung sebanyak 22 indikator dan 32 faktor tambahan, dihitung dari jumlah pembunuhan hingga pendapatan perkapitanya untuk dapat mengurutkan daftar-daftar negara teraman didunia.

Baca Juga: 10 Negara Dengan Nilai Pajak Paling Tinggi di Dunia

Hasilnya adalah Islandia yang hanya memiliki jumlah penduduk sebanyak 300.00 orang didaulat sebagai negara nomor satu paling aman didunia. Sangking amanya negara Islandia ini, pemilik kendaraan tidak takut untuk meninggalkan mobilnya yang tidak terkunci di Reykjavik.

2. Denmark

7 Negara Paling Aman di Dunia

Negara Denmark mencatat rata-rata sebanyak 25 kasus pembunuhan terjadi setiap tahun dalam satu dekade terakhir ini. Bisa kamu banyangkan bukan, di Jakarta Timur saja, selama enam bulan pertama di tahun 2013 lalu sudah terdapat kurang lebih sebanyak 600 kasus pidana pembunuhan serta penganiayaan. Hampir setiap tahun negara Denmark mencatat kerugian akibat tindakan kriminalitas sebesar 5.485.000.000 USD, merupakan yang paling rendah dalam skala global.

3. Austria

7 Negara Paling Aman di Dunia

Di negara Austria ini pada tahun 2013 lalu, sebanyak 52 kasus pembunuhan pernah tercatat. Semua itu berhasil dituntaskan dengan baik dan bijak, dan pelaku kriminal tersebut sudah diseret kepengadilan. Namun nyatanya statistik tingkat kriminalitas di negara Austria menurun cukup signifikan bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. dalam sebuah survei dilakukan 75,6 persen responden mengakui merasa aman saat berjalan sendirian ketika malam hari. Setiap tahunnya negara Austria ini hanya mengalami kerugian sebesar 7.645.000.000 USD akibat kejadian kriminalitas.

4. Selandia Baru

7 Negara Paling Aman di Dunia

Akibat terjadinya pergeseran demografis dapat menguntungkan negara Islandia Baru untuk memperbaiki catatan kriminalitasnya. Hal tersebut dikarenakan rata-rata usia pelaku kejahatan hanya berkisar antara 18 hingga 24 tahun saja. Di Selandia Baru, negara ini hanya mengalami kerugian sebesar 3.890.000.000 USD akibat kriminalitas ini.

5. Swiss


7 Negara Paling Aman di Dunia

Tingkat tindak pidana pembunuhan di negara Swiss hanya sebesar 7,16 per satu juta penduduk. Terkait keamanan penduduk, pihak kepolisian biasanya hanya mewanti-wanti terhadap aksi pencopetan di ruang-ruang publik di kota besar. Secara umum tingkat kriminalitas di negara Swiss hanya menyebabkan kerugian sebesar 7.220.000.000 USD.

6. Finlandia

7 Negara Paling Aman di Dunia

Finlandia merupakan sebuah negara dengan aturan hukum yang sangat tegas. Pemerintah setempat bisa menindak siapa saja yang melakukan aksi tindak kriminalitas. Rata-rata sebuah pengadilan di tingkat distrik hanya membutuhkan waktu kurang dari dua bulan untuk bisa menuntaskan sebuah kasus, hal ini merupakan salah satu yang tercepat di dunia.

7. Kanada

7 Negara Paling Aman di Dunia

Kanada adalah negara yang memiliki wilayah yang cukup luas dan memiliki jumlah penduduk yang besar. Namun, penegakan hukum yang tegas merupakan kunci jika Kanada masuk sebagai negara yang teraman di dunia. Nilai kerugian ekonomi akibat tindak kriminalitas hanya sebesar 32.375.000.000 USD.

54. Indonesia

7 Negara Paling Aman di Dunia

Polda Metro Jaya pada tahun lalu telah merilis data bahwa di Jakarta yaitu ibu kota negara Indonesia terjadi satu tindak kriminal disetiap sepuluh menit. Tingginya angka pembunuhan, penganiayaan ringan dan berat, serta terorisme menyeret posisi Indonesia menjadi nomer 54 dari 162 negara. Lembaga riset Economist Intelligence Unit memperkirakan Indonesia setiap tahun mengalami kerugian sebesar 27.600.000.000 USD akibat kasus kejahatan.

162. Suriah

7 Negara Paling Aman di Dunia

Lantaran didera perang berkepanjangan, Suriah menggeser negara Afghanistan dari posisi paling bawah dalam Indeks Keamanan Global tahun 2014. Tingginya akses terhadap senjata, konflik yang terorganisir dan lemahnya institusi negara membuat negara di jantung Syam ini mendapat predikat sebagai negara yang paling tidak aman di dunia. Kerugian ditaksir sebesar 25.960.000.000 USD.

Baca Juga:

Waduh, semoga saja kedepannya negara Indonesia yang kita cintai ini semakin aman lagi ya teman. Semoga setelah membaca artikel ini jadi bermanfaat untuk kita semua. Sampai jumpa lagi diartikel selanjutnya.

I'm a simple person with a complicated mind.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Tambahkan komentar kamu EmoticonEmoticon