5 Jenis Hiu Terbesar di Dunia

22:25:00

5 Jenis Hiu Terbesar di Dunia

Hiu memang dikenal sebagai salah satu jenis ikan yang sangat buas dan ganas, bagaimana tidak hewan yang satu ini merupakan hewan karnivora yaitu pemakan daging akan karena tersebut, mereka juga dilengkapi dengan gigi rahang yang super kuat. Pada umumnya bentuk ikan satu ini hampir mirip dengan torpedo. Ikan Hiu juga memiliki bentuk yang lumayan halus serta memiliki sirip yang sangat kuat, sehingga ikan tersebut dapat berenang serta mengejar mangsanya dengan sangat cepat dan akurat.

5 Jenis Hiu Terbesar di Dunia

Ikan Hiu yang dikenal terbesar didunia hingga saat ini adalah jenis Whale Shark atau bahasa latinnya Rhincodon Typus atau disebut juga Hiu Paus. Hiu yang jenis ini merupakan hiu yang sangat tidak berbahaya diantara jenis spesiesnya karena mereka hanya memakan plankton. Hiu Paus biasanya hidup di laut yang terbuka atau di sekitar samudera tropis dan juga hewan hiu ini dapat hidup selama 70 tahun lebih.

Dibawah ini Zona Imaji akan membagi info mengenai Hiu terbesar didunia ini.

Pacific Sleeper Shark

5 Jenis Hiu Terbesar di Dunia

Hiu Pacific Sleeper atau dikenal juga Somniousus Pacificus merupakan hiu yang dapat bertahan hidup sepanjang 23 kki dan mempunyai berat hingga 800 lbs atau sekitar 362,87 kg. Salah satunya yang membuat hiu ini menarik adalah mereka merupakan salah satu dari sedikit jenis hiu lainnya yang bisa ditemukan di dartah bertemperatur rendah. Mereka biasanya hidup di laut terdalam, dengan kedalam sampai 6500 kaki dibawah permukaan laut.

Tiger Shark

5 Jenis Hiu Terbesar di Dunia

Hiu terbesar yang kedua adalah Tiger Shark, Galeocerdo Cuvier menempati pada urutan ke 4 dari hiu terbesar di dunia dengan memiliki panjang hingga mencapai 24.3 kaki. Hiu ini bertahan hidup sampai 2000 lbs atau 907,18 kg. Hiu ini juga terkenal dengan aksi kekejamannya. Bukan hanya memakan semua jenis makluk hidup dilaut, namun merekan juga terkenal dengan aksi menyerang perenang di laut. Sesuai dengan namanya, hiu ini sangat mirip dengan corak pada kulit harimau, mereka biasanya hidup di daerah perairan khatulistiwa dunia tetapi lebih cenderung di daerah perairan Pacific.

Great White Shark

5 Jenis Hiu Terbesar di Dunia

Great White Shark atau dikenal juga dengan nama Carcharodon Carcharias merupakan salah satu dari beberapa hiu terganas di dunia. Hiu ini dapat bertahan hidup sepanjang 26.2 kaki dan memiliki berat hingga mencapai 5000 lbs atau 22267.96 kg. Hiu Great White ini merupakan hiu terakhir dari jenis species Carcharodon. Malangnya bagi kita sebagai manusia, hiu ini bisa ditemukan di dekat pantai disemua lautan, jadi jika kamu lagi berenang pastikan kamu tidak berenang bersama jenis ini.

Basking Shark

5 Jenis Hiu Terbesar di Dunia

Hiu terbesar di dunia berikutnya adalah Basking Shark, Cetorhinus Maximus merupakan salah satu jenis hiu yang sangat besar dan menjadikan hiu basking ini menempati pada posisi ikan hiu terbesar ke 2 di dunia. Hiu Basking ini bisa hidup sepanjang 40 kaki dan pernah juga tertangkap dengan memiliki berat sampai 19 ton. Akan tetapi meskipun hiu ini mempunyai badan yang besar, namun hiu ini cenderung lambat dan bukanlah bangsa dari predator alias pemangsa.

Whale Shark

5 Jenis Hiu Terbesar di Dunia

Yang terkahir adalah Whale Shark atau memiliki nama latin Rhincodon Typus adalah hiu yang terbesar di dunia. Walaupun besar, hiu paus ini bukanlah pemangsa sama seperti hiu basking, mereka merupakan hiu yang bergerak lambat dan hanya memakan phytoplankton atau binatang yang sangat kecil yang hidup dilaut. Hiu paus ini bisa bertahan hidup sampai 41 kaki dan memiliki berat hingga mencapai 15 tons. Hiu paus ini juga sama seperti hiu yang lain juga dan bisa ditemukan di sekitar perairan khatulistiwa dan perairan yang sedikit hangat. Spesies ini berasal dari kehidupan 60 juta tahun yang lalu, dan mampu hidup sampai 70 tahun lamanya.

Baca Juga:

Bagaimana dengan pendapat kamu?
Jangan lupa berikan pendapat kamu di kotak komentar ya kawan.

I'm a simple person with a complicated mind.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Tambahkan komentar kamu EmoticonEmoticon